SQ Reformation Center

Definition

ApakahKecerdasan Spiritual atau SQ itu?

Ada satu kecerdasan yang dipunyai oleh setiap manusia tetapi jarang dikenali walau dia punya peran paling penting dan dominan di antara kecerdasan lainnya di dalam kehidupan mansia. Sebab tanpanya maka manusia tidak akan bisa berbuat banyak, tidak bisa berkembang potensinya, atau dengan kata lain ‘hidup tetapi sesungguhnya mati’. Kecerdasan itu adalah Kecerdasan Spiritual atau SQ (Spiritual Quotient).

Ilustrasi tentang tingkatan akhlak manusia

Ilustrasi tentang tingkatan akhlak manusia

Kecerdasan Spiritual SQ adalah salah satu Kecerdasan Bawaan Manusia sebagai Anugerah Tuhan di samping PQ (Kecerdasan Phisik), IQ (Kecerdasan Intelektual), dan EQ (Kecerdasan Emosional) yang banyak dibicarakan, dan keempat kecerdasan SEIP-Q tersebut membentuk Sistem Akhlak Manusia bagaikan gunung es. Kecerdasan Spiritual SQ yg satu ini jarang dikenali dan dimanfaatkan oleh setiap pribadi karena dimensinya yang tidak kasat akal-rasa, walaupun potensinya sangat luar biasa atau supra rasio-emosional.

Kecerdasan Spiritual merupakan satu-satunya Kecerdasan Bawaan manusia yang bersifat Ilahi (tak terbatas dan langgeng), di samping kecerdasan bawaan lainnya yang bersifat manusiawi (terbatas dan sementara). Dengan Kecerdasan Spiritual barulah seseorang bisa disebut sebagai Manusia Pribadi Utuh yang mempunyai kecerdasan bawaan selengkap seperti yang Tuhan anugerahkan. Firman Tuhan mengatakan bahwa Manusia Pribadi Utuh yang dilengkapi oleh Kecerdasan Spiritual inilah yang mempunyai kemuliaan tertinggi dan bahkan melebihi malaikat.

”Aku telah menyempurnakan dan meniupkan kedalamnya Ruh-Ku, maka tunduklah kamu kepadanya dengan bersujud. Maka bersujudlah seluruh malaikat bersama-sama”.

Oleh karenanya Kecerdasan Spiritual akan membentuk manusia seutuhnya, yaitu seorang Profesional Berhati Ulama dan seorang Ulama Berkinerja Profesional.

Kenapa Perlu SQ Reformation?

Fakta menunjukkan bahwa Tingkat Kecerdasan Spiritual tidak selalu ditentukan oleh Tingkat Religiusitas, Psikologis, Intelektualitas, Umur dari seseorang. Sebab Kecerdasan Spiritual merupakan akses dari turunnya Hidayah Tuhan yang mempunyai dimensi “dibalik” Kecerdasan Intelektual IQ dan Kecerdasan Emosional EQ. 99 Persen Manusia Tidak Cerdas SQMayoritas manusia dengan populasi  X = 90 – 99 %  Tidak Cerdas SQ. Akibatnya adalah,  Manusia X = 90-99 % :

  1. Kehendaknya Berlawanan dengan Kehendak Tuhan
  2. Motivator Kehidupannya Salah  (Data Harvard : 90 %)
  3. Cara Berpikirnya Salah  (Berdosa)
  4. Sakit Jiwa (Data IDI Ahli Jiwa : 94 %)
  5. Karakternya Tidak Dewasa
  6. Visi-Motivasi Imannya Tidak Aktif
  7. Tidak Mampu Mengendalikan Nasib dan Takdir-nya
  8. Tidak Menikmati Kelimpahan Sejati

  Sebabnya adalah :  Hidayah Tuhan merupakan ‘rahasia’ yang tidak mampu difahami oleh mayoritas manusia, kecuali yang cerdas spiritualnya. “Adapun manusia diberikan Kitab Amalnya dari Sebelah Belakangnya (dibaliknya)” “Kemuliaan Allah merahasiakan (dibalik) sesuatu, kemuliaan Raja-Raja (manusia) menyelidiki segala sesuatu” Siapa Perlu SQ Reformation ? Pribadi-pribadi tidak cerdas spiritual yang mengalamai fenomena berikut di dalam kehidupannya dan tak pernah terselesaikan :

  1. Sulit memulai sesuatu
  2. Motivasi tidak konsisten
  3. Stres dan terbeban berat
  4. Hasil selalu mengecewakan
  5. Banyak efek samping dan kerugian
  6. Lingkungan (manusia) tidak mendukung

”Sungguh Kami telah menciptakan manusia berada dalam susah payah (tidak berkelimpahan). Apakah dia mengira bahwa tidak siapapun yang berkuasa atasnya (SQ-nya)”.

Apa Target dan Tujuan SQ Reformation ?

9 Prinsip Manajemen Reformasi SQ

Reformasi SQ akan membentuk pribadi cerdas spiritual melalui proses yang disebutTujuh Tahap Kurikulum Kehidupan yang wajib ditempuh secara berurutan di dalam kehidupan setiap manusia hingga akhir hayatnya.

Target dari Reformasi SQ ini adalah menjadi Pribadi dengan Karakter Genius Hakiki yaitu genius sesungguhnya di mata Tuhan dan tidak hanya menurut pandangan manusia.

Pribadi cerdas spiritual ini mempunyai kemampuan atau kuasa Penciptaan Kelimpahan Sejati atas kehidupannya yang sangat diidam-idamkan oleh setiap manusia sebagai Tujuannya.

SQ Reformation juga menjadi solusi untuk menyelesaikan permasalahan bangsa dan masyarakat. Selengkapnya baca Phylosophy.

Apakah Kelimpahan Sejati itu?

Kelimpahan Sejati terdiri dari lima faktor yang mencakup semua dimensi kecerdasan manusia. Kelimpahan tersebut bisa disebut Sejati kalau bisa terwujud nyata didalam kehidupan (bukan hanya teori), dan dicapai secara urut sesuai hirarkinya :

  1. Kelimpahan Spiritual : Cerdas Spiritual (SQ)
  2. Kelimpahan Jiwani : Penuh Damai Sukacita (ESQ)
  3. Kelimpahan Hubungan : Penuh Kasih, Makna, Sinergi. (IEQ)
  4. Kelimpahan Jasmani : Kesehatan Prima dan Umur Panjang. (PQ)
  5. Kelimpahan Kuasa (Pengaruh) dan Materi (Harta). (Hasil Tuai SQ Cerdas)

Apakah Tingkat Kecerdasan SQ Bisa Diukur? : BISA!. Ini adalah break-through atas pengukuran tingkat kecerdasan hakiki manusia selain IQ dan EQ.  Memang tidak mudah, karena sesungguhnya Tingkat SQ sulit diketahui jika hanya dengan “questionaire” sebab hanya bisa muncul terlihat ketika ada masalah. Bagaimana respons seseorang terhadap masalah yang dihadapi tersebut, terutama yang menyangkut “uang”. Dan yang paling tahu adalah orang-orang terdekatnya (istri/ suami, orang tua/anak, bos/anak buah, guru/murid, majikan/pembantu dll). Bagi yang berminat bisa menghubungi melalui SMS atau Email untuk mengisi Questionaire dan Konsultasi.



SQ Reformation Center